24 Maret 2008

Si Manis Infografis



Pernah dengar apa itu infografis? Saya akan memberikan sedikit informasi tentang definisi infografis yang saya ambil dari berbagai sumber.

Pertama, infografis adalah gabungan tema besar kejadian yang informasinya digali secara mendalam kemudian ditampilkan secara bersamaan beserta foto yang menjelaskan tiap sudut permalahan (Mg3)

Kedua, Infografis adalah bagian dari informasi visual dalam surat kabar, peranannya adalah merepresentasikan data-data angka, naskah, grafik, diagram dan peta. Istilah infografis dalam jurnalistik lebih dikenal dengan sebutan visual journalism, infografis dalam surat kabar menjadi bagian penting untuk menyampaikan suatu permasalahan berita kedalam bentuk visual (Deden Maulana A.)

Ketiga, Infografis adalah info dalam bentuk grafis yang bertujuan mempermudah pembaca dalam memahami suatu persoalan atau peristiwa (S. Malela Mahargasarie)

Anyway, setiap hari pekerjaan saya adalah membuat infografis. Tidak hanya tabel yang saya buat, tapi juga ilustrasi kronologi yang terkadang harus selesai dalam waktu yang singkat. Bayangin aja, membuat empat sampai tujuh infografis dalam semalam (durasinya sekitar lima jam). Sedikit kewalahan sih, karena saya dituntut untuk kerja cepat tapi hasilnya bagus. Teman saya yang juga buat infografis mengeluh. "oalah, buat grafis kok dimandori...". Hmmm, kasian banget ya.

Kalau mau bagus mungkin saya bisa. Tapi kalau diberi waktu cukup. Untungnya saya masih diberi kesempatan buat grafis satu halaman penuh (koran). Itu terjadi hanya seminggu sekali dan terbit tiap hari senin. Sementara yang harian adalah "grafis kebutan' (grafis yang digarap secepat kilat).

Secara umum infografis yang saya buat selalu berhubungan dengan permasalahan masyarakat. Tentang korupsi, kecelakaan, kebanjiran, narkoba, subsidi, sembako, pilkada, dll. Saya cuma berharap mudah-mudahan karya yang saya buat bisa dinikmati masyarakat dan mereka menghargainya. Itu saja. Memberikan informasi kan juga termasuk perbuatan yang mulia. Ya nggak??

Tapi saya terbuka kok untuk dikomentari, atau di kasi masukan. Kalau ada waktu silakan mampir ke web di bawah ini. Ada beberapa contoh karya saya:
usmany.deviantart.com
karyasaya.blogspot.com

Udah masuk ke web di atas belom. Tebak hayo koran apa itu??

14 komentar:

quelopi mengatakan...

saya baru tau....

hm...

*lagi mikir*

trijokobs mengatakan...

koran opo ya...
gak ngerti ah udh lama gk beli koran.

tapi, hasil karyanya Jos tenan..
Cakep. boleh dicopy kan..?

endangcinta mengatakan...

keren mas gambarnya.....di koran opo tho? Kompas ya?

elyswelt mengatakan...

wah pasti njelimet ya :)

nita mengatakan...

koran sindo ya

cie mengatakan...

gitu yah, ternyata ribet juga.
Dulu gw pernah tertarik sama bidang desain grafis gini, tapi gak jadi hehe..
koran apa???

Niar mengatakan...

ah, biar saja mas antown yang jago dalam hal ini. ga mau ngerebut lahan orang, hehe
Lam kenal mas...
nagih janji dilukisin nih :P

Nibiru mengatakan...

hehehe... akhirnya ketemu juga blognya, salam kenal ya mas ;)

antown mengatakan...

kok ada yang tahu ya?...
pasti buka deviantart saya

hehe...
kalo ada yang suka desain diskusi yuk

arief budiman mengatakan...

gambar2 yang bagus..
boleh dong aku berguru kepadamu?? :D

BUKAN SENIMAN mengatakan...

boleh dong aku berguru padamu????

he...he...he....

*woy.... periskop selesai belom.....

chocoluv mengatakan...

wah kalau saya 1 infografis baru jadi 3-4 hari :-D

hehehe..
saya layouter persma dan lagi bikin infografis... lagi ga ada ide dan iseng2 cari di internet, eh nemu blog ini :-)

salam kenal
:-)

-GoenRock- mengatakan...

Halo Mas, sampeyan sepertinya menguasai banget infografis ini. Sudah saya pelototin deviantartnya. Keren2 :D kapan2 boleh diskusi ttg grafis.

Anonim mengatakan...

saya cuma tergelitik sama "grafis kok di mandorin??" hehehehe...aneh aja..emang knp yah? kalo grafis itu ga boleh di mandorin yah? :D