26 Maret 2008

Bahasa Jiwa, Bahasa Surabaya



Beberapa bulan yang lalu saya sering menemukan bahasa Palembang pada naskah (dari redaktur) yang mau dibuat kartun. Seringkali saya bingung karena nggak ngerti artinya, apa maksudnya. Kalo dipelajari sih sebenarnya bisa. Itupun sambil nanya teman di sebelah.

Saya lebih paham bahasa lokal suroboyoan. Meskipun sedikit kasar (kata banyak orang) sih. Tapi kalo mau belajar yang nggak kasar, pakai kertas gosok aja hua-hua-hua...

Dibawah ini contoh dialog anak Surabaya. Jangan ketawa ya sebelum membaca semuanya.
A: Ojo' nggondhok po'o. He!! dijak ngomong malah mbidek ae
B: Timbangane awakmu kakean cangkem
A: Yowis. Sepurane sing akeh. Eh iko lho (karo ndudhing) koyok-ane koen ditoleki bapakmu. Kajange lapo se marani awakmu?
B: Ojo' medhen-medheni ae ta la?!! paling bapakku kate njaluk diundhohno kathes maneh. Soale winginane wis kemampo.
A: Brati gak atek diimbuh meneh? engkok aku ngah-ono yo?
B: Koen arep pa? Biasane nek dike'i mesti diguak ngono.
A: Ngewenyhek. Yo gelem ma.
B: Tak ke'i loro. Sijine kanggo adekmu. Tapi urup-pono yo. Hehehe... Gak, gak!!. Guyon kok aku. Iki lho kathes-e, ojo' tukaran karo adekmu yo.
A: Ooo, lambhemu iku...

Artinya:
A: Jangan ngambek gitu dong. Hoi, diajak ngomok malah diam (seribu bahasa)
B: Daripada kamu kebanyakan omong
A: ya sudah. Aku minta maaf. Eh itu lho (sambil menunjuk) sepertinya kamu dicari ayahmu. Mau ngapain menemui kamu?
B: Jangan nakut-nakuti gitu?!! Mungkin ayahku mau minta di ambilkan pepaya lagi. Soalnya kemarin sudah matang.
A: Berarti nggak pake di simpan (dalam sebuah tempat yang hangat supaya cepat matang)? Ntar aku disisain ya?
B: Emang kamu mau? Biasanya kalo dikasi selalu dibuang gitu.
A: Menghina. Ya mau dong
B: Aku kasi dua. Satunya buat adikmu. Tapi ntar diganti ya. Hehehe... Nggak, nggak!! Aku bercanda kok. Ini lho pepayanya, jangan bertengkar sama adekmu ya.
A: Ooo, dasar (mulut) mu...

21 komentar:

endangcinta mengatakan...

Lho, yok opo seh rek? lha ngedumkathes ngono kok gak towo2 seh, wong iki.....ah, wis kasep saiki, kesuwen, cak !

elyswelt mengatakan...

"B : Timbangane awakmu kakean cangkem"

ha..ha.. yang ini bikin ngakak .... kocak kocak !

quelopi mengatakan...

yah pake bahasa jawa, nggak ngerti, pake bahasa minang baru gue ngerti

*no comment, tapi bikin tawa*

BUKAN SENIMAN mengatakan...

ngomong apo dio lur, cak mano nian, dak ngerti aku...

soal blog baru, kemaren ada yang minta ajari buat blog.

dobby mengatakan...

haii..hai..balasan berkunjung, senang punya kenalan se profesi, hehehe

christi mengatakan...

weh ternyata meski orang jawa kok ya ga mudeng sama basa surabaya..tau nya cuma...wis ta..mari ngendi

presty larasati mengatakan...

hu hu, kunjungan balasan...
sa'jane ndek ingi wis merene, tapi nek ngek'i comment ning blogspot ki rada njelimet... he he, kudhu nganggo gmail sek, jhe... :)

hi hi, nggaya deh.. orang bengkulu yang kelamaan di jawa.. jadi gitu deh bahasanya... :lol:

Febra mengatakan...

bahasa melayu bukan hanya milik orang palembang lo, hehehe :D

Kampret Nyasar mengatakan...

Waduh.. perlu tutrial dulu nih saya - nggak ngerti bahasa Njowo nih! :D

Tapi seneng dah mampir kesini, bis angerti kalau mereka ngomong suroboyoan dikit2..

Salam hangat dari afrika barat!

BUKAN SENIMAN mengatakan...

ke akehan cangkem.....

endi grafis ku? weis mari rung?
di enteni pak yani?

pengen belajar bahasa palembang sini sama aku ae....

ke akehan cangkem ae...

Puput mengatakan...

gw orang jawa, tapi prosesnya agak lama nie

antown mengatakan...

sebenarnya saya bisa sedikit2 bahasa madura. Mau ditulis disini sekalian gak?? hohoho...
kayak bahasa planet nanti :)

Vina Revi mengatakan...

Tapi emang kebanyakan sodara2ku yang dari Suroboyo, logatnya susah banget untuk ilang, loh!

Tiwi mengatakan...

wahahahah....dari pepaya sampe lambhe...wis, bosone isih nglothok iki...

mardiant mengatakan...

walaupun orang surabaya bahasanya agak kaku dan kasar tapi survey membukatikan 70 dari 100 persen surabaya baik hatinya! sumber harian kempas !

Salam kenal

paundra.andra@yahoo.oc.id mengatakan...

mas suwun sudah berkunjung keblog aku..oh iya tak link blong ya...

salamku,
langitjiwa.....

korban lapindo mengatakan...

hahaha, cak antown, asli aku ngwakak sampek njungkel-njungkel. jiangkrik temenan, peno iku ancene.

cak antown, tiba'e moco tulisan boso suroboyoan, wenak'e. peno tau eruh blog sing ditoles ambek boso suroboyo ta? lek durung enek, sampeyan ae sing nggawe cak, mesti lak wakeh sing moro. yak opo?

Anonim mengatakan...

lek boso malangan piye ker?hehe

Defi cashback mengatakan...

ojo kakean cangkem cok,
kek d badok wae khatese iku.
haha

Defi cashback mengatakan...

ojo kakean cangkem cok.
kek d badok wae katese

aulia jihan mengatakan...

njaluk po'o rek,
kudu arep aku..
gowokno nang umahku yo.. :D