16 Maret 2008

Kartun Pengantar Tidur



Menurut penelitian di Inggris, kurang tidur memberikan pengaruh yang cukup besar bagi kesehatan seseorang. Resikonya dua kali lebih besar cepat meninggal dibandingkan seseorang yang memiliki penyakit jantung (baca artikelnya di sini). Wuih, ngeri yak!

Menurut pengamatan saya (mungkin sedikit sok tahu), orang kurang tidur ada beberapa penyebabnya. Bisa karena aktivitas yang berlebihan, dan bisa juga karena susah tidur. Saya sepertinya masuk dalam kategori nomor dua. Tahu nggak penyebabnya?

Sepulang kerja (pagi hari) saya terbiasa jalan kaki selama sepuluh menit, dari perempatan pramuka ke tempat tinggal saya yang jaraknya sekitar dua kilometer. Dengan aktivitas seperti itu keringat bisa mudah saya keluarkan (meskipun tidak banyak). Akibatnya tubuh menjadi bugar, padahal semalam baru begadang.

Dalam kondisi normal, saya bisa istirahat (lalu tidur) beberapa jam kemudian--setelah meregangkan otot dan persendian. Tapi pada saat kondisi tertentu, tubuh saya tiba-tiba sangat susah untuk dikondisikan. Mata masih terjaga dan rasa kantuk pun hilang sama sekali. Kalo sudah seperti ini apa yang akan saya lakukan?

Biasanya, saya akan baca buku atau iseng corat-coret di atas kertas. Gambar diatas saya buat tadi siang, saat mata saya masih tak terpejamkan. Maksudnya sih mau gambar walikota Batam, Drs.H. Ahmad Dahlan. Dari tiga gambar itu mana ya yang paling mirip?

11 komentar:

tehaha mengatakan...

wah hebat, kurang tidur aja bisa buat karikatur, apa memang karena terbiasa dikejar deadline yah mas..??

loper mengatakan...

kurang tidur aja karikaturnya udah pada mirip² gitu, apalagi kalo cukup tidur. heheheh

Sidoarjo endi cak? aku arek Gilang, ngarepe aneka Gas Industri, hehehe tapi gedhe nang Malang.

CITRA mengatakan...

Weww...
bisa mirip gitu yah???
Emang udah bakat kali ya mas?
Btw, makasih udah mampir ke blog saya...
salam kenal...

BUKAN SENIMAN mengatakan...

ndak mirip, elek.. elek...

Puput mengatakan...

yang kiri bawah yang mirip

Eka mengatakan...

kurang tidurnya kreatif nih.. :D

mpokb mengatakan...

pas pertama lihat kumis, saya kira fauzi bowo. kayaknya lagi musim yak pejabat berkumis.. hayah! :P :D

antown mengatakan...

berkumis barangkali biar kelihatan lebih berwibawa kali ya... hehehe

teh muti mengatakan...

kalo gitu kurang tidur terus ajah..... biar ide-ide yang tertimbun bisa muncul

anak batam mengatakan...

wah, saya sbagai warga batam menilai..
hmm..
sebenernya ktiga2 nya rada susah jga ya..
tp yg knan bawah manteb tuh, cuma rada miring.
hhe.

RumahimpiaN mengatakan...

asik juga mas anto. kurang tidur malah menghasilkan karya. tetapi kenapa skr blogspotnya belum di update? saya menunggu karikatur berikutnya. tks.

dadang kusnandar, cirebon