11 Maret 2008

Aspal (asli tapi palsu)


Saya berdiri di depan ATM. Di sebuah lorong yang kemudian banyak orang menyebutnya sebagai plaza. Mungkin karena tempatnya yang rada mewah. Saya masih (belajar) antri dengan tiga orang di depan saya.

Orang paling depan berbagi tempat dengan kekasihnya. Urutan kedua seorang warga keturunan yang dari gerak-geriknya sepertinya kebanyakan uang. Lalu belakangnya lagi (persis di depan saya) seorang pemuda sedikit tergesa-gesa. Transaksi cepat sekali dia lalui. Mungkin ATM-nya kosong karena belum ditransfer.

Giliran saya tiba. Enam digit nomor pin saya masukkan. Transaksi baru saja dimulai. Keluar beberapa lembar uang, tidak begitu banyak. Uang pertama yang berwarna biru itu keluar. Ciluk baa!! Begitu mengejutkan saya karena uang tersebut telah dicoret oleh tangan-tangan tak bertanggung jawab. Padahal, tadi saya mengira akan mendapatkan uang yang masih bagus dan kinyis-kinyis (buh!! bahasa apaan tuh).

Oknum kreatif yang menorehkan tinta di atas uang kertas sudah lama ada. Mungkinkah saya salah satunya? (hmmm...) Saya masih ingat beberapa tahun silam. Saya menemukan sebuah uang dengan tulisan beberapa kalimat. Sepertinya sih surat cinta gitu. Lain hari saya menemukan ada nama orang lengkap dengan nomor teleponnya. Saya bertanya dalam hati, apakah uang juga menjadi media komunikasi kala itu? dimana hp masih sangat jarang yang punya??

Kalau saja gambar yang di uang bisa kita ganti dengan foto kita, mirip template di blog. Mungkin banyak orang narsis yang tertarik untuk menempel muka manis. Jangan ah!! uang kan termasuk karya seni. Mending yang seneng gambar uang ikut sayembara desain uang saja. Buat yang bagus dan tidak mudah ditiru. Siapa tahu Deputi Bank Indonesia tertarik hehe. Jangan kayak uang yang kita pakai sekarang. Banyak yang aspal (asli tapi palsu).

Sebel...

1 komentar:

yuki tobing mengatakan...

itulah orang Indonesia, susah menghargain benda penting. uang kok dicoret-coret, dulu 500an doank, skrg bisa ampe yang warna biru ato hijau itu. cckk. kekurangan kertas kali yaa.

salam kenal juga antawn, kmren makasih komennya, hehe