13 Januari 2008

Bercinta dengan maya

Mungkin anda mengira bahwa Maya itu nama orang padahal sebenarnya bukan. Pasti anda juga sering terjebak pemahaman gara-gara sebuah judul. Cinta dalam film "Ada Apa Dengan Cinta", atau Kasih dalam "Kisah Kasih di Sekolah" misalnya. Judul dibuat seakan menyatu dengan kata sebelumnya. Bermain kata-kata sungguh menyenangkan, menjadikan tulisan kita lebih indah. Bukankah demikian?

Jika kata maya saya tulis dengan "m" besar (M) bisa jadi itu nama orang, tapi maya dalam tulisan ini artinya adalah dunia semu atau tidak nyata (http://id.wikipedia.org/wiki/Maya).

Kisah cinta saya dengan dunia maya sudah berjalan sekitar tujuh tahun. Saat itu saya masih terdaftar sebagai pasukan abu-abu putih yang tidak begitu pandai berkelahi. Waktu terus berjalan, dunia maya yang selanjutnya disebut internet berhasil mencuri hati saya. Setiap minggu saya pasti meluangkan waktu untuknya, mesipun hanya mampu bertahan dengan durasi dua atau tiga jam saja. Maklum belum punya penghasilan sendiri. Harga sewa satu jam internet bisa untuk beli makan satu porsi, atau buat beli satu kaleng kerupuk.

Internet bagi saya adalah candu yang membuat saya rindu jika kehilangannya. Tapi sekarang, internet semakin murah, harganya pun juga relatif terjangkau bagi orang sekelas pelajar atau mahasiswa. Sebagai buktinya, banyak pelajar yang saya temui rela meluangkan/mencuri waktunya di saat jam sekolah. Entah pelajaran sekolah lagi tidak ada atau gimana, yang jelas itu bukan urusan saya.

Saya hanya bisa terdiam miris saat yang mereka saksikan di depan matanya adalah sesuatu yang mereka anggap sudah biasa. Bokep. Begitu mereka menyebutnya.

Saat saya masih belajar di kota dingin, bagian selatan Surabaya, sebuah warnet dengan pedenya memberikan fasilitas download film gratis, termasuk bokep. Kalo dicopy bisa sampai berkeping-keping CD kali. Alamaaaak. Praktis aja semua orang pada lari kesana, termasuk pak polisi yang sudah gatel ingin menghentikan ulah para tersangka. Karena tidak hanya download film gituan yang mereka tawarkan, tapi juga MP3 dan software bajakan.

Makanya, kalo lagi menyelami dunia maya jangan cuma cari MP3 gratisan. Ngakunya belajar internet, tapi malah lihat bokep. Baca tulisan kek, atau sekedar komentari tulisan saya yang tidak menggigit ini. Hehehe...

bualan saya

Tidak ada komentar: