20 Februari 2008

Mas Fidel Mundur


Fidel Castro mengundurkan diri? Pemimpin yang sudah berusia 81 tahun ini menyatakan mundur (19/2) dengan alasan untuk memberikan kesempatan kepada pemimpin yang lebih muda. Mas Fidel bagi saya adalah salah satu tokoh revolusioner Kuba yang saya kagumi selain Che Guevara.

Seandainya Che Guevara tahu bahwa hari itu Mas Fidel mengundurkan diri gimana ya? Kalo emang sudah ada pengganti yang tepat barangkali Che bisa memakluminya. Toh, beliau memimpin Kuba juga hampir setengah abad. Mungkinkah kaos-kaos bergambar Fidel Castor bakal marak seperti kaos Che Guevara itu?

Fenomena-fenomena yang menggemparkan dunia seperti inilah yang biasanya dinanti oleh kartunis. Mereka mengabadikannya berita dengan kartun atau karikatur. Termasuk tragedi serangan terhadap Bhutto, atau kematian Soeharto kemarin. Goresan-goresan yang mereka buat seolah ingin mengatakan bahwa inilah fakta yang harus disaksikan untuk anak cucunya.

4 komentar:

inot mengatakan...

setiap tokoh yang 'nentang' imprealisme versi barat lagi (baca. USA) pasti jadi objek yang menarik untuk di kartunin...........,
osama bin laden.Begitu dibenci AS tapi jadi 'simbol' perlawanan juga dlm bentuk media tshirt...
fidel castro?? buat gue kurang menarik..... he..he.he.., sayang jarang orang kenal alexander licshenko..bekas mata2 rusia yang mbelot kemudian masuk islam tapi "dibunuh" dengan gaya Munir juga......, untuk menutupi borok2nya rusia.

antown mengatakan...

Artis juga asyik dibuat karikatur. Apalagi grup linkin park hehe...

Hannibal mengatakan...

saya pikir soal kaitannya fenomena-fenomena menggemparkan sebagai ladang kartunis berkarya adalah kurang tepat. Ada banyak remeh temeh dan tetek bengek di sekitar mereka yang tak perlu untuk jadi fenomena. Apalagi menggemparkan. Jika kritis, mereka tak diam. Sayangnya tak banyak yang menyikapinya.

kaos musiman; osama, mike tyson, maradona, che guevara, ataupun che castro, tukul, bahkan soeharto, jika ada... hanya lebih pada kepentingan konsumerisme. itu adalah momen dimana pengusaha-pengusaha bermain. jadi bukanlah sesuatu yang mengherankan.

BUKAN SENIMAN mengatakan...

mo bikin kaos?
AYO kapan?